TULISAN

TANGGUNG JAWAB

saya sebagai karyawan maupun tanggung jawab akan resiko pekerjaan yang saya hadapi. Keberhasilan tanggung jawab akan tugas saya tidak lepas dengan adanya peran serta Dari delapan prinsip Etika Profesi Akuntansi yang telah saya paparkan pada blog sebelumnya, salah satu yang ingin saya bahas disini adalah Etika tanggung jawab. Iya…. Tanggung jawab saya sedikit tentang Tanggung Jawab saya sebagai sebagai anak, mahasiswa, karyawan, dan tanggung jawab saya kepada bangsa dan negara.

Sekarang saya akan membahas salah satunya, yaitu tanggung jawab saya sebagai karyawan. Dalam menjalankan setiap tugas akan selalu diikuti dengan tanggung jawab. Iya… tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas dari orang-orang disekeliling saya. Untuk itu, diperlukan adanya hubungan interaksi yang kuat dan sehat. Untuk menjaga hubungan tersebut, dibutuhkan adanya etika dalam berperilaku, salah satunya adalah etika dalam bertutur kata yang baik.

Tanggung jawab akan pekerjaan, sering sekali membuat saya selalu termotivasi untuk memberikan yang terbaik dari yang ada dalam diri saya. Tanggung jawab akan pekerjaan saya, dan tanggung jawab akan atasan saya, dan kredibilitas saya dimata orang lain tentunya. Etika yang baik akan membantu itu semua.

Pengendalian diri, dan kontrol emosi sangat amat dibutuhkan guna menjaga etika profesi yang baik. Hal-Hal yang sangat dibutuhkan guna menjaga hubungan yang sehat yaitu :

1. Pengendalian diri

Mampu mengendalikan diri kita masing-masing untuk tidak cepat emosi, menerima kritikan apapun dan selalu menjaga tutur kata dengan sesama rekan kerja kita.

2. Persaingan yang sehat.

Persaingan tetap harus ada guna meningkatkan kualitas dari dalam diri kita. Tetapi persaingan tersebut tidak mematikan yang lemah, dan sebaliknya, harus terdapat jalinan yang erat antara masing-masing pesaing kita dalam dunia kerja. Untuk itu dalam menciptakan persaingan perlu ada kekuatan-kekuatan yang seimbang dalam dunia kerja tersebut.

3. Menumbuhkan sikap saling percaya diri.

4. Menumbuhkan kesadaran akan pentingnya tanggung jawab bersama akan suatu pekerjaan.

Etika profesi akuntansi akan Tanggung Jawab pada suatu pekerjaan harus selalu dibina dan dijaga kelangsungannya guna menciptakan suasana yang selaras dan harmonis dari masing-masing pelaku di dunia kerja.

Demikianlah sedikit pemaparan saya mengenai salah satu prinsip dalam beretika profesi, yaitu Tanggung Jawab. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

Terima Kasih.

Tidak ada komentar: